Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat
Kusumadewi, = and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika and Susilo, B.E, - (2013) Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat. JURNAL KREANO, 4 (1). ISSN 2086-2334
PDF
- Published Version
Download (370kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (784kB) |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan klasikal pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi segiempat setelah dite�rapkan model Contextual Teaching and Learning/CTL berbantuan Macromedia Flash 8, dan membandingkan model CTL berbantuan Macromedia Flash 8 dengan model direct ins�truction pada kemampuan berpikir kritis materi segiempat kelas VII. Populasi pada pene�litian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2012/ 2013. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian me�nunjukkan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen men�capai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Persentase banyaknya peserta didik yang tuntas melebihi ketuntasan klasikal minimal. Kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan pada kelas kontrol. Hal tersebut terlihat dari rata-rata nilai dan persentase peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kon�trol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model CTL berbantuan Macromedia Flash 8 efektif terhadap kemampuan berpikir kritis materi se�giempat kelas VII.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : CTL; Kemampuan berpikir kritis; Macromedia Flash 8; segiempat |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:30 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49531 |
Actions (login required)
View Item |