PENGEMBANGAN MEDIA PEEPSHOW BOOK UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS V SD/MI DI KOTA SEMARANG
Avin Septiwidya Rahman, 2303417037 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEEPSHOW BOOK UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS V SD/MI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kendala yang dihadapi dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas V SD/MI di Kota Semarang. Kendala tersebut yaitu sebagian siswa kelas V belum lancar membaca teks bahasa Arab dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan bahasa Arab. Hal itu disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan masih monoton, kurang kreatif dan kurang menyenangkan. Berdasarkan kendala tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama Peepshow Book Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa bahasa Arab terhadap media Peepshow Book, 2) bagaimana prototipe media Peepshow Book, 3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap produk media Peepshow Book untuk keterampilan membaca bahasa Arab kelas V, 4) mendeskripsikan Analisis SWOT terhadap media Peepshow Book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantilatif (mix methods) dengan desain research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap tiga dari yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghendaki media Peepshow Book berisi 3 tema yaitu tema ت ِاَوانَ َحيَ ال َحِدْيقَةُ , ِج ْسِم, ال ِم ْهنَةُ ْ ُء ال ْع َضا َ أ dan berisi 5 komponen yaitu KI dan KD, kosakata, materi bacaan, tatabahasa, dan evaluasi. Hasil penelitian diperoleh dari angket validasi oleh pakar ahli dan tanggapan guru SD/MI, dengan rincian hasil penilaian aspek kelayakan isi dan materi memperoleh nilai rata-rata 3,71. Pada aspek penyajian (tampilan) memperoleh nilai rata-rata 3,85. Aspek kelayakan kegrafikan memperoleh nilai rata-rata 3,87. Dari penilaian tersebut dapat diketahui bahwa media Peepshow Book memperoleh nilai rata-rata nilai 3,81 dengan kategori sangat layak/sangat sesuai pada setiap aspek, yaitu dengan masuk pada rentangan nilai 3.33 < skor < 4.00. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis SWOT media Peepshow Book terhadap media lama yaitu bahan ajar ataupun benda sekitar dan tampilan media yang monoton. Maka diperoleh kesimpulan bahwa media baru akan banyak diminati oleh guru karena media lebih inovatif, kreatif dan menarik perhatian siswa., karena media lama siswa hanya terbatas dengan media yang seadanya, dan tampilan yang kurang menarik sehingga siswa cepat merasa bosan atau jenuh dengan media lama tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media At-Taqwiim Al-Mujassam (Kalender 3D), Keterampilan Membaca, Bahasa Arab |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:23 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49516 |
Actions (login required)
View Item |