KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PROKRASTINASI SISWA SMP PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING


Rizka Maullaydia Kusuma Dewi, 0401518031 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PROKRASTINASI SISWA SMP PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0401518031_RIZKA MAULLAYDIA K.D - Rizka Maullaydia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas berperan penting dalam rangkaian berfikir tingkat tinggi yang perlu dikembangkan dari jenjang sekolah dasar. Kemampuan berpikir kreatif matematis rendah salah satu dari faktor internal yaitu prokrastinasi. Model pembelajaran problem based learning berbantuan e-learning merupakan model pembelajaran yang membantu siswa berpikir sistematis serta digabungkan dengan penggunaan e-laerning yang dapat meningkatkan inovasi dan kratifitas untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian (1) mengetahui kualitas pembelajaran Problem Based Learning berbantuan e-learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan (2) menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari prokrastinasi pada model Problem Based Learning berbantuan e-learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan model sequential explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas VIII E dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian yaitu masing-masing dua siswa dengan criteria prokrastinasi tinggi, sedang dan rendah. Teknis pengumpulan data diambil dari kuantitatif berupa hasil angket, Tes Kemampuan berpikir kreatif matematis dan data kualitatif berupa observasi awal dan wawancara. Teknik analisis data kuanitatif dengan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata, uji beda proporsi. Teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Problem Based Learning berbantuan e-learning berkualitas terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan (2) Hasil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari prokrastinasi rendah belum tentu mendapat skor kemampuan berpikir kreatif yang tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Creative thinking Skills, Procrastination, E-Lerning, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:27
Last Modified: 31 Mar 2022 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49406

Actions (login required)

View Item View Item