PENGARUH STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MANGUN SEJATI BUGEL KEDUNG


Siti Khotimah, 0108517014 (2022) PENGARUH STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MANGUN SEJATI BUGEL KEDUNG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of pendahuluan - Umma AIR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menyimak dan berbicara menjadi dasar belajar bahasa, dapat memperlancar komunikasi lisan dan menambah pengetahuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh storytelling berbantu media audio terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi exsperimental Design. Sampel dalam peneltian ini adalah siswa TK Islam Mangun Sejati Desa Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara sejumlah 64 siswa. Terdapat dua macam teknik sampling, yakni Probability sampling dan Non probability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non test melalui observasi dan anecdotal record. Analisa data pada penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical Program of Social Science) dengan uji statistik cronbach alpha (α) yaitu suatu konstruk dikatakan reliabel jika nilai cronbach alpha> 0.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media storytelling berbantuan audio terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini; (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media storytelling berbantuan audio terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini; (3) penggunaan media storytelling berbantuan audio lebih efektif meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia dini di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara tahun pelajaran 2020-2021 dibandingkan dengan penggunaan media bercerita secara langsung tanpa media. Bagi guru hendaknya semakin mengasah kemampuan melalui memahami teknik- teknik pelaksanaan storytelling, mengingat media tersebut memberikan efektivitas yang cukup tinggi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak. Selain itu, hendaknya guru mampu memberikan sosialisasi secara perlahan kepada setiap gugus sekolah, agar mampu memanfaatkan media storytelling.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Media Audio, Kemampuan Menyimak dan Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:03
Last Modified: 31 Mar 2022 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49399

Actions (login required)

View Item View Item