EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE-19 DI SMP SEMARANG TENGAH
Jamal Imam Ariyadi, 0602518040 (2021) EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE-19 DI SMP SEMARANG TENGAH. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi covid-19 sedang terjadi saat ini dan berdampak pada berbagai sektor salah satunya pendidikan dimana pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan secara daring. Pembelajaran PJOK juga dilaksanakan secara daring maka diperlukan evaluasi pada pembelajaran PJOK secara daring. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keadaan awal, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran meliputi rencana proses pembelajaran (RPP), sarana dan prasarana pembelajaran dimasa pandemi corona Virus disease-19 di SMP Semarang Tengah. Metode penelitian ini merupakan evaluasi menggunakan model evaluasi countenance dari Stake, meliputi antecedents, transactions, dan outcomes. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan metode, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan 4 komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dari SMP Semarang Tengah data yang diperoleh adalah pada Antecedent kelengkapan perangkat pembelajaran, sarana dan prasarana sudah lengkap, kebijakan program yang dilakukan sekolah sudah sesuai.Pada Transaction pembelajaran daring belum berjalan dengan baik, masih terkendala pada jaringan, kuota internet dan alat yang digunakan juga pada kedisiplinan siswa menurun serta kejenuhan siswa meningkat. PadaOutcomes, hasil pembelajaran daring dimasa pandemi di SMP Semarang Tengahtidak stabil bahkan mengalami penurunan yang diakibatkan kendala-kendala dan permasalahan pada pelaksanaan pembelajaranan tersebut. Kesimpulan yaitu Antecedents pada pembelajaran daring dimasa pandemi corona Virus disease-19 di SMP Semarang Tengahkelengkapan perangkat pembelajaran lengkap, kebijakan program sesuai yang dibutuhkan dan menunjang pembelajaran daring, sarana dan prasarana untuk pembelajaran daring masih kurang. Pada Transaction dalam pembelajaran daring masih kurang dan terkendala dalam pelaksaannya baik jaringan, penugasan dan antusiasme siswa, sedangkan padaOutcomes memiliki hasil kurang baik untuk prestasi belajar siswa kurang stabil dan mengalami penurunan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Penjasorkes, pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:29 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49265 |
Actions (login required)
View Item |