PENGEMBANGAN KOMIKA – SAVI BERKONTEKS KOTA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP


Ani Harmini, 0401519005 (2022) PENGEMBANGAN KOMIKA – SAVI BERKONTEKS KOTA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS - Ani Harmini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengembangan KOMIKA- SAVI berkonteks kota Jambi untuk meningkatkan literasi matematis siswa yang berkualitas dengan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP. Konteks kota Jambi menjadi tema cerita. Model SAVI menjadi rekomendasi dalam pembelajaran lebih aktif, model ini disajikan dalam komik untuk menekankan pada tahapan proses penggunaan komik untuk meningkatkan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Muaro Jambi. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket yang dianalisis dengan interval klasifikasi angket, dan tes soal peningkatan literasi matematis yang dianalisis menggunakan interval klasifikatsi peningkatan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KOMIKA-SAVI yang dikembangkan berkualitas memiliki nilai rata-rata: (1) Kevalidan media oleh ahli media dengan skor 4,6 dari 5,0 ( sangat valid), dan kevalidan media oleh ahli materi dengan skor 4,5 dari 5,0 (sangat valid); (2) kepraktisan media oleh guru dengan skor 92,3% dari 100% (sangat praktis), dan kepraktisan media oleh peserta didik dengan skor rata- rata 95,3% dari 100% (sangat praktis); dan (3) keefektifan media mencapai ketuntasan individual dengan rata-rata ketuntasan yaitu 80 ditunjukkan dengan hasil thitung = 7,5 dan ttabel = 1,792, maka thitung ≥ ttabel dan nilai sig = 0,041 < 0,05; mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase 84% dengan zhitung = 0,927 dan −ztabel = −1,64, sehingga zhitung ≥ −ztabel dan sig = 0,465 > 0,05; rata-rata literasi matematis pada kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai 80 lebih baik dari rata-rata kelas eksperimen adalah 68 dibuktikan dengan nilai thitung = 2,789 dan ttabel = 2,028, maka thitung > ttabel dan sig. (2-tailed) = 0,009 < 0,05. Selain itu, penggunaan KOMIKA-SAVI meningkatkan literasi matematis dengan rata-rata N-Gain 0,75 (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa KOMIKA-SAVI berkonteks kota Jambi mencapai hasil yang diharapkan (valid, praktis, dan efektif).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: komik, SAVI, Jambi, literasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:05
Last Modified: 29 Mar 2022 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49251

Actions (login required)

View Item View Item