KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG
Atip Nurcahyani, 0602519084 (2021) KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi dasar guru dan kinerja yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, namun ada beberapa permasalahan kompetensi guru yang sangat menarik untuk dikaji dan diteliti, terutama ditingkat sekolah dasar. Oleh karena ini permasalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kecamatan Ungaran Timur, 2) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kecamatan Ungaran Timur, 3) Bagaimana Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se- Kecamatan Ungaran Timur, 4) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kecamatan Ungaran Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model analisis interaksi (Interactive Analysis Models) yaitu komponen reduksi data dan sajian data dilakukan secara bersama dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) saling berinteraksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua data yang mendukung yaitu data primer dan data sekunder. Jumlah informan adalah 20 SD Negeri di Kecamatan Ungaran Timur. Hasil penelitian ini berdasarkan pada observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, teman sejawat, guru Pendidikan Jasmani sehingga diperoleh hasil bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Jasmani di Kecamatan Ungaran Timur pada kategori sangat baik mencapai 10 %, 80 % baik, dan 10 % cukup. Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Jasmani 40 % masuk kategori sangat baik, 50 % baik, dan10 % cukup. Kompetensi sosial mencapai 45% sangat baik 50% baik, dan 5 % cukup. Kompetensi profesional 10 % sangat baik, 70 % baik, dan 20 % cukup. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Jasmani di Kecamatan Ungaran Timur baik, kompetensi kepribadian baik, kompetensi sosial baik, kompetensi profesional baik. Saran dalam penelitian ini adalah peningkatan kompetensi profesional perlu mendapatkan perhatian lebih agar kualitas pendidikan di Indonesia khususnya dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kompetensi, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 02:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 02:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49215 |
Actions (login required)
View Item |