ANALISIS KEMAMPUAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS XI SMAN 1 BANGSRI JEPARA
Nasyatal Ula Hawa Hazuwa, 4401417001 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS XI SMAN 1 BANGSRI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Era globalisasi abad ke-21, empat domain utama yang perlu dimiliki siswa yaitu, literasi era digital, berpikir inventif, komunikasi yang efektif, dan produktivitas yang tinggi. Berkaitan dengan literasi digital, salah satu keterampilan yang diperlukan adalah literasi sains. Dalam penilaian literasi sains menurut Programme for International Student Assesment (PISA) ada empat aspek yang digunakan yaitu, aspek kompetensi, aspek pengetahuan, aspek konteks, dan aspek sikap sains. Prioritas penilaian PISA 2012, 2015, dan 2018 dalam literasi sains tertuju pada beberapa aspek kompetensi, yaitu : mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah. Aspek kompetensi literasi sains menjadi aspek yang cukup menarik untuk dianalisis. Karena, salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya literasi sains adalah siswa tidak terbiasa memecahkan masalah atau tes yang berkaitan dengan keterampilan proses sains (kompetensi literasi sains) yang merupakan bagian utama dari literasi sains (Winata et al., 2017). Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Sampel penelitian sebanyak 143 siswa SMAN 1 Bangsri Jepara. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 30 butir soal tes pilihan ganda untuk mengukur aspek kompetensi literasi sains siswa, angket, dan lembar wawancara guru. Hasil penelitian kemampuan kompetensi literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI SMAN 1 Bangsri Jepara secara keseluruhan sudah baik. Siswa mampu mengingat, mengaplikasikan pengetahuan saintifik; menjelaskan implikasi artikel; mengidentifikasi dan menghasilkan suatu model penjelasan; memastikan objektivitas, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan data; mengevaluasi dan mengusulkan cara penyelidikan ilmiah; mengidentifikasi masalah, asumsi, argumentasi dan bukti ilmiah. Namun, kemampuan siswa masih kurang dalam menentukan prediksi yang tepat; mengusulkan hipotesis; dan mengevaluasi penjelasan dari sumber yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi kemampuan aspek kompetensi literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI SMAN 1 Bangsri Jepara dirangkum menjadi empat point yaitu : model pembelajaran pada materi sistem pencernaan, bahan ajar yang digunakan pada materi sistem pencernaan, soal evaluasi pada materi sistem pencernaan, dan kegiatan praktikum pada materi sistem pencernaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Literasi Sains, Sistem Pencernaan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:50 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49187 |
Actions (login required)
View Item |