Inquiry By Design Argumentation Activity Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika
Siswanto, - and Asriyadin, - and Yusiran, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2017) Inquiry By Design Argumentation Activity Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika. Gravity, 3 (1). ISSN 2442-515X
PDF
- Published Version
Download (540kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (971kB) |
Abstract
Gagasan dikembangkannya desain pembelajaran inkuiri yang menggunakan kegiatan argumentasi adalah untuk merancang sebuah inovasi pembelajaran yang lebih memudahkan siswa dalam menguasai kemampuan kognitif pada pembelajaran fisika. Pengembangan desain pembelajaran ini diawali dengan melakukan studi pendahuluan di beberapa sekolah di kabupaten Bima. Studi pendahuluan dilakukan dengan melakukan tes kepada beberapa siswa, lalu melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa secara umum masih rendah, terutama pada aspek menerapkan (C3) dan menganalisis (C4). Berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut, maka disusun desain pembelajaran inkuiri menggunakan kegiatan argumentasi. Tahapan pembelajarannya yaitu (1) mengidentifikasi masalah untuk diselidiki, (2) merumuskan hipotesis menggunakan kegiatan argumentasi, (3) melakukan eksperimen dengan model eksperimen inkuiri yang dipadukan dengan setting argumentasi, (4) melakukan analisis data dengan panduan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri yang di setting argumentasi, (5) mengkomunikasikan hasil analisis menggunakan kegiatan argumentasi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inquiry, argumentation activity, cognitive ability |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:10 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49137 |
Actions (login required)
View Item |