Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis
Lisa Nur Aulia, - and Susilo, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis. Unnes Physics Education Journal, 7 (2). ISSN 2252-6935
PDF
- Published Version
Download (864kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep fluida dinamis. Penerapan model problem based learning dilakukan untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajarannya. Pelaksanaan model problem based learning dibantu dengan media edmodo untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan penigkatan kemandirian belajar siswa dan pemahaman konsep fluida dinamis sebesar 0,32 dan 0,61 dengan kriteria cukup. Respon siswa terhadap penggunaan media edmodo dalam pembelajaran diperoleh dengan presentase 68,53% dengan kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran menggunkan model problem based learning berbantuan edmodo menunjukkan prosentase sebesar 94,11% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Edmodo, Self-Regulated Learning, Conceptual Understanding, Dynamic Fluid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 02:51 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 02:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49076 |
Actions (login required)
View Item |