PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HOTS
Inggrid Indrayanti, 4001413038 (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HOTS. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia senantiasa mengalami perubahan yang dinamis untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih baik. Upaya untuk menunjang pembelajaran yang lebih baik dilakukan pengembangan modul pencemaran lingkungan dengan model inkuiri terbimbing untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar. Dikembangkannya modul pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan mendapat hasil rata-rata validitas 4,48 dengan kriteria valid. Rata-rata keterbacaan modul sebesar 74% dengan kategori mudah dipahami oleh peserta didik. Rata-rata N-gain sebesar 0,36 dengan kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar mencapai 90% yang melebihi KKM 75. Simpulan dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dalam materi pencemaran lingkungan valid, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan HOTS peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hots (Higher order thinking skills), Inkuiri terbimbing, Sikap peduli lingkungan |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 11:56 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 11:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49046 |
Actions (login required)
View Item |