FAKTOR-FAKTOR INTRINSIK YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN MENYONTEK SISWA DI SMP NEGERI 25 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021
Dicky Adi Kurniawan, 1301416033 (2021) FAKTOR-FAKTOR INTRINSIK YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN MENYONTEK SISWA DI SMP NEGERI 25 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (FAKTOR-FAKTOR INTRINSIK YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN MENYONTEK SISWA DI SMP NEGERI 25 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena melihat fenoma yang terjadi dilapangan yakni di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 bahwa tingkat kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 cenderung tinggi. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa tingkat kecenderungan menyontek siswa, apa saja faktor yang mempengaruhi, dan faktor apa yang paling berdominan dalam mempengaruhi kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat kecenderungan menyontek siswa, untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi, dan untuk mengetahui faktor apa yang paling berdominan dalam mempengaruhi kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplorasi, sedangkan desain penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun sampel yang digunakan yaitu berjumlah 213 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan skala psikologis. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan skala kecenderungan menyontek dan teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar 42,09% dengan kategori sedang, faktor yang mempengaruhi kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun 2020/2021 yakni motivasi yang kurang 80,09% kategori sedang, percaya diri yang rendah 77,82% kategori sedang, efikasi diri yang rendah 62,44% kategori sedang, kecemasan 60,18% kategori sedang, prokrastinasi 52,48% kategori sedang dan konsep diri yang rendah 53,84% kategori rendah, faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kecenderungan menyontek yakni Prokrastinasi yang tinggi dengan presentasi 52,48% dengan kategori sedang. Dari penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi kecenderungan menyontek siswa di SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan menyontek |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48467 |
Actions (login required)
View Item |