PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT INTERAKTIF PADA MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN PENJAJAHAN BANGSA EROPA KE INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2020/2021
Kukuh Suasono, 3101416013 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT INTERAKTIF PADA MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN PENJAJAHAN BANGSA EROPA KE INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT INTERAKTIF PADA MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN PENJAJAHAN BANGSA EROPA KE INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2020/2021)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran Powerpoint Interaktfi pada materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa ke Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa ke Indonesia dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini merupakan penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan dengan teknik penhambilan data berupa observasi, angket dan wawancara yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Tahap pengembangan, tahap ini dilakukan uji validitas produk dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahap evaluasi, tahap ini dilakukan untuk menguji kevalidan serta kelayakan dari pengguna dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan (1) bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah SMA Negeri 1 Dempet masih menggunakan Poerpoint yang bersifat sederhana dan belum ada pengembangan lebih lanjut mengenai media tersebut, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik, (2) pengembangan media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa ke Indonesia dibuat menggunakan software Powerpoint 2013, (3) berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut dengan hasil persentase sebesar 89,5%, 77%, dan 93,7%. Serta hasil penilaian peserta didik sebesar 80,1%. Dengan demikian media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran untuk penelitian ini agar melakukan penelitian dalam model pengembangan lebih lanjut terkait pembuatan media pembelajaran Powerpoint Interaktif dalam materi sejarah yang lebih luas; pihak sekolah bersedia mendukung serta memfasilitasi tenaga pendidik/guru yang tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio-visual seperti Powerpoint Interaktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48371 |
Actions (login required)
View Item |