ANALISIS SENTIMEN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT POPULARITAS SITUS BELANJA ONLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES


Okky Zaenur Endrawan, 4112317022 (2020) ANALISIS SENTIMEN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT POPULARITAS SITUS BELANJA ONLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SENTIMEN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT  POPULARITAS SITUS BELANJA ONLINE DI INDONESIA  MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES] PDF (ANALISIS SENTIMEN UNTUK MENGETAHUI TINGKAT POPULARITAS SITUS BELANJA ONLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak merupakan perusahaan yang terlibat dalam pasar dan toko online. Untuk menanggapi pendapat, kritik dan keluhan, Tokopedia, Shopee, Bukalapak memiliki suatu platform website yang merupakan tempat untuk mengakses dengan aplikasi mobile dan juga bisa untuk mengulas layanan dan jasa yang ditawarkan oleh ketiga perusahaan tersebut. Platform website tersebut bernama Google Play Store. Jenis ulasannya merupakan sebuah rating dalam berbentuk bintang dengan skala 1-5 dan teks yang tidak terstruktur dalam jumlah besar. Kondisi ini dapat menyebabkan perusahaan belanja online melewatkan informasi berguna dari koleksi dokumen teks. Analisis setimen ditetapkan dalam studi kasus ini untuk melakukan pemeringkatan popularitas situs belanja online di Indonesia. Pada penelitian ini hanya membahas tiga online Shop, yakni Tokopedia, Shopee, Lazada. Studi kasus ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan pengujian 10-fold cross validation untuk memastikan keakuratan data. Metode NBC digunakan karena lebih cocok dalam pengoperasian analisis sentiment pada penelitian ini dibandingkan dengan metode lainnya. Pada penelitian ini Tokopedia merupakan online shop yang paling popular dibandingkan dengan Shopee dan Bukalapak. Berdasarkan perhitungan pemeringkatan popularitasnya didapatkan untuk online shop Tokopedia memiliki tingkat popularitas 75%, Shopee 52% dan Bukalapak 87%. Dengan uji validitas metode NBC menggunakan 10-fold cross validation didapatkan akurasi untuk Tokopedia 92,5%, Shopee 67,5% dan Bukalapak 95,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, naive bayes, sentiment analysis.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:45
Last Modified: 13 Jan 2022 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48353

Actions (login required)

View Item View Item