GANGGUAN MENTAL KEPRIBADIAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS


Ajeng Saraswati Dinanti, 2401415034 (2020) GANGGUAN MENTAL KEPRIBADIAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GANGGUAN MENTAL KEPRIBADIAN  SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS] PDF (GANGGUAN MENTAL KEPRIBADIAN SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Katarsis merupakan suatu cara untuk melepaskan emosi seseorang yang sedang mengalami konflik batin, keresahan jiwa atau sedang mengalami gangguan mental kepribadian. Seperti depresi, stress atau gangguan kecemasan. Kegiatan katarsis bisa berupa membaca buku, beribadah, mendengarkan musik, tidur, atau berkegiatan kesenian seperti melukis yang penulis pilih sebagai suatu kegiatan katarsis. Tujuan utama proyek studi yang berjudul “Gangguan Mental Kepribadian Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis Abstrak” ini adalah untuk menghasilkan karya seni lukis abstrak yang bertitik tolak dari upaya katarsis penulis dalam mencairkan masalah yang berorientasi sebagai katarsis bagi penulis serta sebagai self-healing bagi penulis yang dua tahun terakhir ini mengalami gangguan depresi. Dalam proyek studi ini penulis menciptakan karya seni lukis abstrak melalui pendekatan emosi. Pendekatan emosi melalui gaya lukis abstrak dalam karya lukis penulis sangat cocok karena subjektifitas pelukis dapat terpenuhi secara absolut. Seni lukis abstrak sangat cocok untuk menggambarkan keadaan penulis dikala depresi menyerang. Karena seni abstrak sendiri tidak terlalu menunut untuk menggunakan semua konsep visual seni. Lukisan abstrak sendiri lebih menonjolkan emosi lewat garis, coretan dan warna, dan sangat cocok dengan media katarsis. Bahan yang digunakan dalam pembuatan karya seni lukis ini yaitu kertas duplek, cat akrilik dan crayon. Alat yang digunakan dalam pembuatan karya seni lukis ini yaitu pisau palet, kuas, cetakan, bubble warp dan sikat gigi. Penulis menggunakan teknik dalam berkarya seni lukis bercorak abstrak ini menggunakan teknik plakat dengan metode melukis direct atau metode langsung dalam menciptakan karya seni lukis. Seniman yang menginspirasi penulis dalam pembuatan proyek studi ini yaitu Jackson Pollock serta seniman lokal seperti Christine Ay Tjoe.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Mental Kepribadian, Katarsis, Seni Lukis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotion
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:29
Last Modified: 11 Jan 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48295

Actions (login required)

View Item View Item