PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI COMPRÉHENSION ORALE DELF B2 MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR


Lailatul Khuzia, 2301414005 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI COMPRÉHENSION ORALE DELF B2 MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI COMPRÉHENSION ORALE DELF B2 MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MANDIRI COMPRÉHENSION ORALE DELF B2 MELALUI WONDERSHARE QUIZ CREATOR)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

DELF (Dîplome d’Étude en Langue Français) merupakan tes untuk mengukur kemampuan bahasa Prancis bertaraf internasional. Delf B2 merupakan salah satu tes bahasa Prancis tingkat menengah. Lulusan S1 mahasiswa pendidikan bahasa Prancis diharapkan memiliki kompetensi bahasa Prancis setara dengan tingkat B2. Keterampilan yang diujikan yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Handayani (2016), kemampuan menyimak mahasiswa belum maksimal, sehingga belum mendapatkan pencapaian yang memuaskan. Diantara keempat keterampilan tersebut, keterampilan menyimak mendapatkan hasil yang paling rendah yaitu 33%. salah satu penyebab dari rendahnya hasil keterampilan menyimak adalah kurangnya bekal yang dimiliki mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media belajar berbentuk kuis menggunakan Wondershare Quiz Creator sebagai bentuk latihan menyimak secara mandiri disertai dengan pembahasan dan dapat memunculkan skor secara langsung, sehingga mahasiswa dapat berlatih keterampilan menyimak Delf B2 secara rutin dan kontinyu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and developement dengan mengadopsi 5 langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini berupa media belajar mandiri keterampilan menyimak Delf B2 berbasis kuis menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator yang berisi soal latihan dari buku Le Delf B2 100% Réussit dengan tema culture, consommation, écologie, économie, éducation, entreprise, mode, et santé. Desain media belajar mandiri ini terdiri dari soal-soal latihan yang dikelompokkan menjadi 2 folder. Folder pertama berisi 6 latihan Delf B2 (exercice 1 - exercice 6) dan folder kedua berisi 2 latihan ujian Delf B2 (épreuve 1 - épreuve 2) yang dipublikasikan ke dalam bentuk atau format ƒ (flash). Dilengkapi dengan audio dan transkrip, gambar, petunjuk pengerjaan dan penggunaan media, perintah soal, soal latihan, dan disertai pembahasan. Bentuk soal yang digunakan yaitu pilihan ganda (choix multiple) dan benar/salah (vrai/faux). Di akhir pengerjaan soal latihan, media tersebut langsung menampilkan skor yang didapat, serta penjelasan jawaban yang benar. Produk ini telah divalidasi oleh dosen ahli dan direvisi sesuai saran dari ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Delf B2, media pembelajaran, menyimak, wondershare quiz creator.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:58
Last Modified: 10 Jan 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48211

Actions (login required)

View Item View Item