PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI CINTA TANAH AIR DENGAN TEKNIK 3M UNTUK PESERTA DIDIK SMP
Zuaini Khofifah, 2101416085 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI CINTA TANAH AIR DENGAN TEKNIK 3M UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI CINTA TANAH AIR DENGAN TEKNIK 3M UNTUK PESERTA DIDIK SMP)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Pembelajaran menulis naskah drama di SMP memerlukan buku pengayaan sebagai penunjang materi. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 18 Semarang dan MTS Al-Asror diperoleh bahwa pembelajaran menulis naskah drama hanya mengacu pada Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP edisi revisi 2017 dari Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan dan LKS. kelengkapan isi, kebahasaan, dan belum terdapat nilai-nilai Pendidikan karakter pada kedua buku tersebut. Melalui buku pengayaan Menulis Naskah Drama Bermuatan Cinta Tanah Air Menggunakan Teknik Menulis 3M untuk Peserta Didik SMP, peserta didik diharapkan dapat menulis naskah drama dengan mudah dan dapat dijadikan sebagai sumber materi tambahan. Selain itu, buku ini juga memuat nilai cinta tanah air yang dapat dijadikan sebagai penanaman Pendidikan karakter pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menulis naskah drama satu babak bermuatan cinta tanah air menggunakan teknik 3M untuk peserta didik SMP, (2) Mendeskripsikan karakteristik buku pengayaan menulis naskah drama satu babak bermuatan cinta tanah air menggunakan teknik 3M untuk peserta didik SMP, (3) Mendeskripsikan penotipe buku pengayaan menulis naskah drama satu babak bermuatan cinta tanah air menggunakan teknik 3M untuk peserta didik SMP, dan (4) Mendeskripsikan hasil uji validitas dan perbaikan buku pengayaan menulis naskah drama satu babak bermuatan cinta tanah air menggunakan teknik 3M untuk peserta didik SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) peserta didik dan pendidik memerlukan buku pengayaan menulis naskah drama dengan kriteria mudah dipahami, menarik, dan memiliki kebaharuan berupa menggunakan teknik menulis dan disisipkan pembelajaran karakter nilai cinta tanah air, (2) prinsip pengembangan buku meliputi Aspek kebutuhan buku pengayaan, aspek materi/isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, aspek kegrafikaan, aspek internalisasi nilai cinta tanah air, dan Teknik menulis 3M, (3) prototipe buku pengayaan meliputi bagian awal buku, isi buku, dan bagian akhir buku, (4) perolehan nilai validasi dari dosen ahli pada aspek materi/isi umum 83, aspek materi/isi pokok 83, aspek penyajian materi 85, aspek kebahasaan 84, dan aspek kegrafikaan 80, dengan kegpri sangat baik dan layak untuk digunakan, (5) perbaikan prototipe dilakukan pada aspek mater/isi, aspek penyajian,aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Berdasarkan penelitian ini, terdapat saran, yaitu buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai cinta tanah air menggunakan tenik menulis 3M dapat dijadikan sebagai sumber bahan ajar pendamping dalam pembelajaran menulis naskah drama. Peneliti bidang Pendidikan bahasa Indonesia perlu mengadakan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan buku.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks drama, nilai cinta tanah air, dan Teknik menulis 3M. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | annisa dwi cahyaningtyas |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 01:06 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 01:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47987 |
Actions (login required)
View Item |