PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TV-NEWS TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA KEHIDUPAN


Wiwi Isnaeni, - (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TV-NEWS TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA KEHIDUPAN. Unnes Journal of Biology Education, 5 (2). pp. 180-186. ISSN 2252-6579

[thumbnail of 36. TV-News -Ai, Sumadi, Wiwi - arina shofa.pdf] PDF
Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TV-News terhadap kemampuan analisis siswa menggunakan quasi experiment design dengan pola Pretest-Posttest one group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 24 Semarang, sedangkan sampelnya adalah sebagian dari kelas VIII yaitu kelas VIII C menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan analisis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari hasil analisis uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 2.07 > 2.03 maka ada perbedaan signifikan antara kemampuan analisis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Selain itu kemampuan analisis siswa berada pada kriteria baik dan cukup, dengan persentase baik 56.25 dan cukup 43.75. Hal ini didukung dengan aktivitas siswa dan tanggapan guru dan siswa yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan TV-News berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi bahan kimia kehidupan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Chemical material; life; analytical skill; Problem Based Learning, TV-News
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Dec 2021 08:08
Last Modified: 27 Dec 2021 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47852

Actions (login required)

View Item View Item