PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI


Mohamad Yusuf Ahmad Hasyim, - (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES, 6 (1). ISSN 2252-6994

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK - AGUS SUWARTO.pdf] PDF
Download (305kB)

Abstract

Banyak siswa kurang antusias dan mengalamikesulitan pada keterampilan menulis bahasa Arab dikarenakan masih banyak guru yang belum memanfaatkan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran menulis. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa booklet 3D berbahan flanel untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan desain research and development (RnD). Data penelitian diperoleh dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media booklet 3D berbahan flanel untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI yang terdiri dari empat االلوان ,(kebun di (في الحديقة ,(belajar ruang (في غرفةالمذاكرة ,(tamu ruang (في غرفة الجلوس yaitu tema (warna). Hasil uji hipotesis diterima dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 16,606 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 23,881. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha dan Ho ditolak. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Media, 3D Flannel Booklet, Writing Skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:08
Last Modified: 20 Dec 2021 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47816

Actions (login required)

View Item View Item