ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA MECHANICAL FUTSAL COMPETITION TAHUN 2020


Kurniawan Adi Saputro, 6102416063 (2020) ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA MECHANICAL FUTSAL COMPETITION TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA MECHANICAL FUTSAL COMPETITION TAHUN 2020] PDF (ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA MECHANICAL FUTSAL COMPETITION TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi masalah dan batasan masalah yang peneliti temukan, maka peneliti merumuskan masalah yaitu seberapa besar media sosial dapat mempengaruhi keputusan peserta dalam mengikuti kejuaraan Mechanical Futsal Competition 2020. Peneliti dapat meneliti dengan tujuan mengetahui dan menganalisis peran media sosial dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk mengikuti Mechanical Futsal Competition 2020. Selain itu mengetahui dan menganalisis jenis media sosial manakah yang paling efektif dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk mengikuti Mechanical Futsal Competition 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Variabel bebasnya adalah komunikasi pengelola media sosial dengan pengguna, komunikasi antar pengguna, brand equity, dan brand attitude.Variabel terikatnya adalah keputusan pembeli mengikuti event. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta Mechanical Futsal Competition 2020. Sampel 30 yang digunakan yaitu salah satu anggota tim peserta, official, dan pelatih dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental. Hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa media sosial memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan mengikuti event. Pengaruh media sosial terhadap minat untuk menjadi peserta adalah sebesar 0.010 yang berarti bahwa tinggi rendahnya minat konsumen dipengaruhi oleh media sosial. Instagram menjadi media sosial yang banyak digunakan di event tersebut maka dari itu sangat disarankan suatu event dapat menyebarkan informasi melalui media sosial lainnya. Jumlah pengguna media sosial instagram mencapai 45% dengan rentang usia pengguna yang merupakan peserta berada pada usia 15-28 tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh peserta untuk mencari informasi tentang event Mechanical Futsal Competition 2020. Sebuah event organizer ingin menyelenggarakan kegiatan dengan peserta berada pada rentang usia 15-28 tahun, instagram merupakan media sosial yang paling baik digunakan untuk promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Brand Equity, Brand Attitude, dan Keputusan pembelian
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:13
Last Modified: 25 Oct 2021 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47395

Actions (login required)

View Item View Item