PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN HOMESCHOOLING ABC’D KOTA TEGAL


Mey Setiowati, 1401416282 (2020) PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN HOMESCHOOLING ABC’D KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi mey setiowati fixxxx - Mey Unnes.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum adalah suatu perkara yang penting, sehingga perlu adanya perubahan dan pengembangan sesuai kebutuhan zaman. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB X Pasal 36 menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum dilaksanakan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional. Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara tidak terkecuali. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dan membutuhkan metode, material, pelayanan dan peralatan yang khusus agar dapat mencapai perkembangan yang optimal karena anak-anak tersebut mungkin akan belajar dengan kecepatan yang berbeda dan cara yang berbeda dengan melalui jalur pendidikan nonformal yaitu homeschooling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kurikulum pendidikan di Homeschooling ABC’D Kota Tegal dan (2) faktor pendukung dan penghambat perencanaan kurikulum pendidikan di Homeschooling ABC’D Kota Tegal. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability) yang merupakan teori dari Moleong (2017). Dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan bentuk analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Homeschooling ABC’D Kota Tegal mengintegrasikan Kurikulum 2013 dengan karakteristik peserta didik berdasarkan bakat, minat, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik. Perencanaan kurikulum dilakukan dengan kegiatan rapat koordinasi diawal tahun ajaran dengan pembahasan meliputi pembagian tugas guru terkait pembuatan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Prota, Promes, dan pembuatan kalender pendidikan yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Homeschooling ABC’D Kota Tegal juga melaksanakan suatu tes percobaan yaitu Trial Test kepada calon peserta didik. Trial Test tersebut dilakukan selama 3 hari kepada calon peserta didik untuk mengetahui karakteristik peserta didik. (2) Faktor pendukung perencanaan kurikulum Homeschooling ABC’D Kota Tegal adalah sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap, guru yang aktif dan profesional. Faktor penghambat perencanaan kurikulum Homeschooling ABC’D Kota Tegal adalah terlalu banyak persiapan administrasi sebelum tahun ajaran baru dimulai, kurangnya kompetensi dan pemahaman guru tentang Silabus, RPP, dan guru kesulitan dalam mengkondisikan siswa karena keberagaman karakteristik yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Perencanaan, Homeschooling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:35
Last Modified: 14 Oct 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47226

Actions (login required)

View Item View Item