PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BIDANG SPA TERAPIS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MIZU INDONESIA SENTOSA KOTA SEMARANG


Fara Khairunnisa Mufida, 1201416035 (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BIDANG SPA TERAPIS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MIZU INDONESIA SENTOSA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi fix kirim fix - Fara Khairunnisa Mufida.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan dan Pengangguran merupakan permasalahan pembangunan nasional negara Indonesia yang terus berkembang. Upaya pemerintah menanggulangi masalah tersebut dengan membuat program pengentasan kemiskinan dan pengangguran melalui pemberdayaan masyarakat. Program subsidi pemerintah Kota Semarang yaitu Pendidikan Kursus dan Pelatihan Mizu Indonesia Sentosa yang bergerak dibidang SPA Terapis untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat kurang berdaya atau yang ingin bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan bidang SPA Terapis di LKP Mizu Indonesia Sentosa serta dapat mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu: 5 peserta didik dan 1 tutor/instruktur SPA, sedangkan informan 2 orang yaitu: pengelola sekaligus pengurus LKP Mizu, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui tahap penyadaran, transformasi, dan pengayaan. Tahap penyadaran berupa kegiatan sosialisasi dimana masyarakat antusias terbukti adanya pemberdayaan masyarakat banyak pendaftar yang tertarik. Tahap transformasi adanya perubahan kondisi peserta yang tidak mengerti apa – apa kemudian dibimbing pihak LKP Mizu pada masa pelatihan SPA dan melakukan penilaian uji kompetensi SPA. Tahap pengayaan berupa hasil yang dicapai, meliputi: aspek pengetahuan mengenai ilmu SPA, aspek sosial menjadi kepercayaan customer/masyarakat, dan aspek ekonomi mampu meningkatkan pendapatan keluarga serta keberlanjutan program yang menjanjikan. Faktor pendukung yaitu: bentuk kerjasama dengan mitra Golife Indonesia dan produk lokal Herborist, instruktur SPA yang berpengalaman serta lokasi LKP Mizu yang strategis, sedangkan faktor penghambat diantaranya: keadaan alam yang mengganggu aktivitas, ruang belajar yang kurang luas, alokasi waktu yang tidak sesuai, dan sebagainya. Saran peneliti yang diberikan untuk LKP Mizu Kota Semarang perlu memotivasi peserta agar menjadi mandiri, memberi reward bagi peserta berprestasi, memperbaiki alokasi waktu, perbaikan infrakstruktur, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan SPA Terapis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:05
Last Modified: 14 Oct 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47217

Actions (login required)

View Item View Item