PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN I MUNGGU


Rizka Nurul Izmi, 1401416451 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN I MUNGGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Rizka Nurul Izmi_1401416451 - Rizka Nurul Izmi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran serta kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran di SDN 1 Munggu, yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnik, dan agama di Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa berupa cerita bergambar materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research an Development (R&D) dengan langkah penelitian yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa media cerita bergambar sangat layak digunakan dengan presentase penilaian oleh ahli materi sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 85,3% dengan kriteria sangat layak. Media cerita bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan rata – rata (gain) hasil pretestdan posttest sebesar 0,4705 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media cerita bergambar layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Saran sebaiknya siswa menggunakan media cerita bergambar sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar terutama pada mata pelajaran IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya untuk memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerita bergambar; media; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:16
Last Modified: 13 Oct 2021 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47194

Actions (login required)

View Item View Item