PENGARUH MINAT DAN BAKAT TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Qurrota A’yunin Fie Sya’bani, 1401416464 (2020) PENGARUH MINAT DAN BAKAT TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Qurrota A'yunin Fie Sya'bani_1401416464 - qurrota a'yunin fie sya'bani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan siswa menciptakan hal-hal baru dalam belajarnya baik berupa kemampuan mengembangkan informasi yang diperoleh dari guru dalam proses pembelajaran seni rupa. Pada proses pembelajaran masing-masing guru dalam penyampaian materi seni rupa berbagai metode pembelajaran yang menarik untuk merangsang anak agar minat mengikuti pembelajaran seni rupa. Siswa yang mempunyai bakat perlu pendampingan khusus yang bertujuan agar siswa lebih terarah dalam mengembangkan kreativitas belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh minat dan bakat siswa terhadap kreativitas belajar seni rupa siswa V SD Negeri di Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 5 SD Negeri di Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Jumlah sampel penelitian sebanyak 96 siswa.. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas serta analisis akhir yang teridiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Hasil uji hipotesis pengaruh minat terhadap kreativitas belajar seni rupa thitung > ttabel(5,844>1,984), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh bakat terhadap kreativitas belajar seni rupa thitung > ttabel (3,614>1,984), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh minat dan bakat terhadap kreativitas belajar seni rupa secara bersama-sama diperoleh Fhitung> Ftabel (10,703> 3,094), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis hubungan minat dan bakat seni rupa rhitung> rtabel (0,493 > 0,200), berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa minat dan bakat berpengaruh terhadap kreativitas belajar seni rupa siswa kelas V SD Negeri di Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Dari hasil tersebut guru dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui minat dan bakat siswa. Guru juga harus memahami karakteristik setiap siswa yang berbeda-beda yaitu dengan memberikan pembelajaran yang menarik agar siswa minat dan mengembangkan bakatnya dalam bentuk kreativitas hasil karya seni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat; Bakat; Kreativitas Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:39
Last Modified: 13 Oct 2021 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47190

Actions (login required)

View Item View Item