HUBUNGAN KETERAMPILAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Bayu Ariyadi, 1401416275 (2020) HUBUNGAN KETERAMPILAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Bayu Ariyadi-1401416275 - Bayu Ariyadi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan gambaran seberapa jauh siswa menguasai materi yang telah diberikan dan menjadi patokan dalam berhasil proses pendidikan dan pembelajaran. Ekstrakulikuler pramuka dan kemandirian menjadi beberapa faktor yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan dari proses wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas V di SDN Gugus Diponegoro dapat diketahui bahwa kegiatan ekstrakulikuler pramuka sudah di wajibkan di semua SD yang ada di gugus tersebut, hanya saja memang dalam pelaksanaanya masih terkendala beberapa faktor baik dari sekolah maupun dari diri siswa, sedangkan untuk kemandirian siswa sendiri masih didapati siswa yang bergantung dalam mempersiapkan pembelajaran baik kepada orang tua maupun dengan temanya, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih kurang dengan dibuktikanya masih ada siswa yang nilainya dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguji hubugan antara kegiatan ekstrakulikuler pramuka dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara kemandirian siswa dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara ekstrakulikuler pramuka dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dengan jumlah 195. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling kuota. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara ekstrakulikuler pramuka dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung > rtabel (0,715> 0,181) dengan taraf signifikasi 0,05. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung > rtabel (0,603> 0,181) dengan taraf signifikasi 0,05. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara ekstrakulikuler pramuka dan kemandirian dengan hasil belajar IPS dengan nilai rhitung > rtabel (0,719 > 0,181) dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan dari penelitian tersebut, disimpulkam bahwa ada hubungan ekstrakulikuler pramuka dan kemandirian dengan hasil belajar IPS Gugus Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini, bagi guru hendaknya senantiasa memberikan motivasi agar siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar dan inovasi dalam penyampaian pembelajaran kepada siswa dan bekerjasama dengan sekolah untuk mengoptimalkan kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang sudah ada sehingga akan diperoleh peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakulikuler pramuka, kemandirian, hasil belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:52
Last Modified: 11 Oct 2021 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47132

Actions (login required)

View Item View Item