PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPA BOLISTIK UNTUK PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


Endra Setiawan, 6102416046 (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPA BOLISTIK UNTUK PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPA BOLISTIK UNTUK PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR] PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPA BOLISTIK UNTUK PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil dari kegiatan observasi di SD Negeri Karangmalang Kecamatan Mijen Kota Semarang, bahwa dalam kegiatan pembelajaran bola voli terdapat kekurangan, diantaranya yaitu sarana prasarana dan bentuk modifikasi permainan bola voli. Berdasarkan masalah diatas menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bola voli. Maka dari itu diperlukan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif. Permasalahan dari penelitian ini yaitu: “Bagaimana produk permainan papa bolistik untuk pembelajaran bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar dan bagaimana keefektifan dari produk permainan papa bolistik?”. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk permainan papa bolistik untuk pembelajaran bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar dan menguji keefektifan dari produk permainan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Dick and Carrey (Punaji Setyosari, 2010: 201) prosedur pengembangan diantaranya yaitu: melakukan analisis kebutuhan, melakukan analisis pembelajaran, menganalisis pebelajar dan konteks, menjabarkan tujuan umum kedalam tujuan yang lebih spesifik, mengembangkan instrumen assessment, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi, melakukan evaluasi sumatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar evaluasi ahli, lembar kuesioner siswa, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Subjek uji coba I/kelompok kecil melibatkan 14 siswa dan 41 siswa untuk uji coba II/kelompok besar. Hasil uji coba I dari pengisian kuesioner oleh ahli Penjas dan ahli pembelajaran didapatkan rata-rata 85,33%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka aspek ini memenuhi kriteria baik (digunakan). Hasil dari rata-rata kuesioner dan rubik penilaian siswa didapatkan 88,08%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka aspek ini memenuhi kriteria baik (digunakan). Hasil uji coba II dari pengisian kuesioner oleh 1 ahli Penjas dan 3 ahli pembelajaran didapatkan rata-rata 91%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka aspek ini memenuhi kriteria sangat baik (digunakan). Hasil rata-rata kuesioner dan rubik penilaian siswa didapatkan 94,16%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka aspek ini memenuhi kriteria sangat baik (digunakan). Pelaksanaan dalam permainan papa bolistik diantaranya, yaitu: 1) pengenalan dengan melakukan lempar tangkap berpasangan, 2) bermain permainan papa bolistik dengan peraturan yang ada, dan 3) mengembangkan sikap sosial dalam permainan. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa produk permainan papa bolistik ini dapat digunakan untuk pembelajaran bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar. Saran bagi guru Penjasorkes adalah permainan papa bolistik dapat digunakan sebagai pilihan untuk pembelajaran Penjasorkes yang efektif dan dapat digunakan di Sekolah Dasar Negeri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bola Voli, Permainan Papa Bolistik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:03
Last Modified: 08 Oct 2021 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47118

Actions (login required)

View Item View Item