PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS BANK SAMPAH DI KELURAHAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020


Solikhatun Mahfiroh, 3201416049 (2020) PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS BANK SAMPAH DI KELURAHAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS BANK SAMPAH DI KELURAHAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020] PDF (PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS BANK SAMPAH DI KELURAHAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahfiroh, Solikhatun. 2020. Pengelolaan Sampah Berbasis Bank Sampah di Kelurahan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Rahma Hayati, S.Si., M.Si. 128 Halaman. Kata Kunci: Pengelolaan, Bank Sampah, Kelurahan Kebumen. Kelurahan Kebumen merupakan salah satu kelurahan di Kabupaten Kebumen yang menerapkan pengelolaan sampah berbasis bank sampah, yaitu Bank Sampah Samiun yang merupakan program inovasi untuk mengelola sampah rumah tangga dengan menabung sampah di bank sampah dan memanfaatkan hasil penjualan sampah untuk membayar PBB. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjabarkan pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis bank sampah di Kelurahan Kebumen, (2) Mengetahui manfaat yang diperoleh nasabah Bank Sampah Samiun di Kelurahan Kebumen, (3) Menganalisis dampak keberadaan Bank Sampah Samiun terhadap kualitas pengelolaan sampah di Kelurahan Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Kebumen yang sudah terdaftar sebagai nasabah di Bank Sampah Samiun dengan jumlah 302 nasabah. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 75 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis bank sampah di Kelurahan Kebumen sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Alur pelaksanaan pengelolaan sampah dimulai dengan memilah sampah dari rumah, membawa sampahnya ke pos pengumpulan sampah, setelah itu dilakukan penimbangan, pengelola bank sampah melakukan pemilahan akhir untuk dijual ke pengepul. Manfaat yang diperoleh nasabah dengan adanya Bank Sampah Samiun dalam bidang kesehatan lingkungan mencapai 97% berada dalam kategori sangat tinggi. Sebanyak 89% nasabah mengaku mendapatkan manfaat dalam bidang sosial ekonomi, serta 81% nasabah menyatakan bahwa mereka mendapatkan mafaat dalam bidang pendidikan. Dampak keberadaan Bank Sampah Samiun terhadap kualitas pengelolaan sampah di Kebumen secara umum sangat signifikan. Masyarakat lebih peduli terhadap sampah sehingga kualitas lingkungan menjadi semakin baik. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Pengelola bank sampah diharapkan lebih meningkatkan kinerja pengelolaan bank sampah dari segi kualitas maupun kuantitasnya serta melakukan sosialisasi pengelolaan sampah secara masif (2) Pemerintah daerah dan masyarakat perlu mendukung pelaksanaan pengelolaan bank sampah sehingga memberikan manfaat baik dari segi lingkungan, ekonomi, maupun pendidikan. 3) Dapat dijadikan pembelajaran berbasis proyek berupa pengelolaan sampah berbasis bank sampah bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Bank Sampah, Kelurahan Kebumen
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Waste Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2021 05:49
Last Modified: 07 Oct 2021 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47107

Actions (login required)

View Item View Item