HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETEPATAN PUKULAN GATTING PADA PEMAIN WOODBALL


Ahmad Yopi Solpianda, 6211415017 (2020) HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETEPATAN PUKULAN GATTING PADA PEMAIN WOODBALL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETEPATAN PUKULAN GATTING PADA PEMAIN WOODBALL] PDF (HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETEPATAN PUKULAN GATTING PADA PEMAIN WOODBALL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga woodball adalah olahraga yang mirip dengan permainan golf, jika golf sasarannya adalah lubang (hole), woodball sasarannya adalah gawang (gatting). Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan koordinasi mata tangan dengan ketepatan pukulan gatting pada pemain Woodball?, 2) Apakah ada hubungan kecerdasan emosi dengan ketepatan pukulan gatting pada pemain Woodball?, 3) Apakah ada hubungan koordinasi mata tangan dan kecerdasan emosi dengan ketepatan pukulan gatting pada pemain Woodball? Metode penelitian ini menggunakan uji korelasi dan uji regresi linier berganda. Populasi penelitian, pemain Woodball UNNES 2019 berjumlah 30 pemain dan sampel sejumlah 16 pemain dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi koordinasi mata tangan(X1), kecerdasan emosi (X2) sebagai variabel bebasnya ketepatan pukulan gatting woodball (Y) sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan: 1) tes koordinasi mata tangan, 2) tes kecerdasan emosi dan 3) tes ketepatan pukulan gatting woodball. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi berganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian: 1) Hubungan koordinasi mata tangan dengan ketepatan pukulan gatting woodball berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,570 dengan signifikansi 0,021 < 0,05. 2) Hubungan kecerdasan emosi dengan ketepatan pukulan gatting woodball berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,641 dengan signifikansi 0,008 < 0,05. dan 3) Hubungan antara koordinasi mata tangan dan kecerdasan emosi dengan ketepatan pukulan gatting woodball berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda diperoleh nilai rhitung = 0,738 dengan signifikansi 0,006 < 0,05. Simpulan penelitian: 1) Terdapat hubungan positif antara koordinasi mata tangan terhadap ketepatan pukulan gatting. 2) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan emositerhadap ketepatan pukulan gatting. 3) Terdapat hubungan positif antara koordinasi mata tangan dan kecerdasan emosi terhadap ketepatan pukulan gatting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata Tangan, Kecerdasan Emosi, Gatting, Woodball.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:41
Last Modified: 06 Oct 2021 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47086

Actions (login required)

View Item View Item