MEDIA INFORMASI BERBASIS WEBSITE BAGI WISATAWAN PADA OBJEK WISATA JEMBATAN MERAH HUTAN MANGROVE DI DESA PASARBANGGI KABUPATEN REMBANG
Selamet Dwi Prasetyo, 3201416033 (2020) MEDIA INFORMASI BERBASIS WEBSITE BAGI WISATAWAN PADA OBJEK WISATA JEMBATAN MERAH HUTAN MANGROVE DI DESA PASARBANGGI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.
PDF (MEDIA INFORMASI BERBASIS WEBSITE BAGI WISATAWAN PADA OBJEK WISATA JEMBATAN MERAH HUTAN MANGROVE DI DESA PASARBANGGI KABUPATEN REMBANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Prasetyo, Selamet Dwi 2020. Media Informasi Berbasis Website Bagi Wisatawan Pada Objek Wisata Jembatan Merah Hutan Mangrove Di Desa Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Ariyani Indayati, S. Si, M. Si. Kata Kunci : Kebutuhana Informasi Wisatawan, Media Informasi Wisatawan Jembatan Merah Hutan Mangrove Pasarbanggi merupakan salah satu wisata bahari yang ada di Kabupaten Rembang. Namun wisata tersebut kurang mendapat perhatian dari wisatawan. Total kunjungan wisatawan pada tahun 2017 yang mampu mencapai angka 69.040 wisatawan mengalami penurunan hingga menyentuh angka 9.919 pada tahun 2018. Kurangnya minat dan menurunnya kunjungan wisatawan terjadi karena minimnya media yang menyajikan kebutuhan informasi wisatawan. Oleh sebab itu media informasi sangat dibutuhkan oleh wisatawan dalam pemenuhan kebutuhan informasi wisata. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang ingin dan yang telah melakukan kegiatan wisata di Jembatan Merah Hutan Mangrove dengan pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan cara skala likert, wawancara terstruktur, studi dokumen, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik distribusi frekuensi agar dapat mengetahui sikap wisatawan dan tingkat kepentingan kebutuhan informasi wisatawan pada wisata Jembatan Merah Hutan Mangrove, serta kelayakan desain tampilan juga materi pada media informasi objek wisata Jembatan Merah Hutan Mangrove Pasarbanggi. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa sikap wisatawan pada kebutuhan informasi previsiting 86,2%, insitu 83,57%, dan post-visiting 84,5% menunjukkan sikap sangat positif. Tingkat kepentingan kebutuhan informasi wisatawan pada tahap pre-visiting sebesar 89,65%, insitu 86,82%, dan post-visiting 85,55% menunjukkan kriteria sangat penting. Uji kelayakan desain tampilan informasi Jembatan Merah Hutan Mangrove Pasarbanggi, pengguna sebagai kontrol sebesar 83,33%, mememudahkan pengguna mengingat 87,5%, dan konsistensi antarmuka 83,33% menunjukkan desain sangat layak. Uji kelayakan materi dalam media informasi, gaya bahasa sebesar 100%, dan isi materi sebesar 85,71% menunjukkan desain sangat layak dijadikan acuan pembuatan media informasi. Dengan demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pihak pengelola objek wisata maupun instansi terkait diharapkan dapat membuat dan mengelola media informasi pariwisata agar dapat memenuhi kebutuhan informasi wisatawan. Kemudian wisatawan diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan informasi melalui media informasi yang tersedia. Serta, peneliti lain diharapkan dapat meneliti kebutuhan informasi lain bagi wisatawan di objek wisata Jembatan Merah Hutan Mangrove Pasarbanggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhana Informasi Wisatawan, Media Informasi Wisatawan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > Development of Tourism Object |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 07:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 07:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47040 |
Actions (login required)
View Item |