PELAYANAN KLINIK TERAPI OLAHRAGA BERDASARKAN EVIDENCE BASIC MEDICINE DI JOGJA SPORTS CLINIC


Seli Setianingrum, 6211416010 (2020) PELAYANAN KLINIK TERAPI OLAHRAGA BERDASARKAN EVIDENCE BASIC MEDICINE DI JOGJA SPORTS CLINIC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAYANAN KLINIK TERAPI OLAHRAGA BERDASARKAN EVIDENCE BASIC MEDICINE DI JOGJA SPORTS CLINIC] PDF (PELAYANAN KLINIK TERAPI OLAHRAGA BERDASARKAN EVIDENCE BASIC MEDICINE DI JOGJA SPORTS CLINIC) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini yaitu belum adanya penelitian mengenai pelayanan klinik terapi olahraga di Jogja Sports Clinic. Jogja Sports Clinic merupakan klinik terapi olahraga yang pertama di Yogyakarta, dimana klinik ini memberikan pelayanan kesehatan olahraga secara spesifik, terpadu, dan komprehensif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan klinik terapi olahraga berdasarkan evidence based medicine di Jogja Sports Clinic. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 11 responden yaitu 1 dokter, 5 terapis senior, dan 5 pasien. Hasil penelitian Pelayanan Klinik Terapi Olahraga Berdasarkan Evidence Based Medicine di Jogja Sports Clinic menunjukkan masih ada penanganan standar operasional yang kurang. Seperti dokumen program terapi yang dimiliki oleh JSC sebagai acuan terapis belum lengkap hanya memiliki 2 prosedur penanganan secara tertulis yaitu terapi non operative ACL Rehabilitation dan ACLR (Recontruction) Rehabilitation Protocol. Serta SDM oleh yang dimiliki JSC yaitu dokter spesialis olahraga, ahli gizi, sport therapist, dan front office serta office boy. Simpulan hasil penelitian yaitu pelayanan klinik terapi di Jogja Sports Clinic penanganan secara operasional masih kurang karena di JSC baru memiliki 2 dokumen program terapi tertulis yaitu program non operative ACL Rehabilitation dan ACLR (Recontruction) Rehabilitation Protocol. Oleh karena itu, Peneliti memberikan saran bagi JSC yaitu perlu adanya pembuatan mengenai program terapi secara tertulis sebagai acuan terapis dalam memberikan penanganan kepada pasiendan perlu adanya penambahan mengenai SDM seperti dokter umum, dokter podiatris, dokter ortopedi, fisioterapi, dan perawat. Serta penambahan mengenai sarana dan prasarana seperti bed terapi, alat gym, dan peralatan fisioterapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Klinik, Jogja Sports Clinic, Evidence Based Medicine
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:31
Last Modified: 04 Oct 2021 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47035

Actions (login required)

View Item View Item