HUBUNGAN IMPULSE BUYING DAN POST PURCHASE REGRET PADA MAHASISWA UNNES


Febri Nurohman, 1511416113 (2020) HUBUNGAN IMPULSE BUYING DAN POST PURCHASE REGRET PADA MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416113 - Febri Nurohman.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Post purchase regret dapat terjadi karena adanya ketidaksesuaian pada konsumen terkait apa yang mereka harapkan dari barang yang telah didapat. Salah satu penyebab post purchase regret adalah karena kurangnya pertimbangan dalam membeli barang. Studi pendahuluan pada 74 mahasiswa akftif Unnes 2020, mendapatkan temuan bahwa sebanyak 48 responden mengaku menyesal karena telah membeli barang di luar rencana awal pembelian. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pertimbangan saat membeli barang. Kurangnya pertimbangan merupakan salah satu bentuk impulse buying. Impulse buying sebagai pembelian yang dilakukan segera, tanpa perencanaan, disertai adanya rasa senang dan keinginan segera membeli, sehingga mampu mengesampingkan pertimbangan hingga dapat memunculkan penyesalan di akhir. Penelitian bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara impulse buying dan post purchase regret pada mahasiswa Unnes, serta untuk mengetahui gambaran impulse buying dan post purchase regret pada mahasiswa Unnes. Penelitian kuantitatif korelasional menggunakan sampel 400 mahasiswa aktif Unnes 2020, dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala post purchase regret terdiri 23 aitem valid dengan koefisien validitas 0,302 - 0,606, taraf signifikansi 5%, dan skala impulse buying terdiri 26 aitem valid dengan koefisien validitas 0,322 - 0,646, taraf signifikansi 5%. Koefisien reliabilitas post purchase regret sebesar 0,854 dan koefisien reliabilitas impulse buying sebesar 0,876. Uji hipotesis dengan Correlation Spearman’s Rho diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,143 dengan taraf signifikansi 0,004. Dengan demikian bunyi hipotesis terdapat hubungan antara impulse buying dan post purchase regret pada mahasiswa Unnes diterima. Dengan hasil tingkat impulse buying dan post purchase regret pada mahasiswa Unnes berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying, Post Purchase Regret.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:43
Last Modified: 04 Oct 2021 05:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47028

Actions (login required)

View Item View Item