HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA BARU DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Muhammad Masyrukhan, 1511413154 (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA BARU DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413154 - M Masyrukhan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tahun pertama kuliah akan menjadi masa penuh kecemasan, pada umunya banyak pertanyaan yang muncul pada diri mahasiswa. Kondisi ini membawa mahasiswa pada dua transisi yang harus dijalankan dalam satu waktu, yaitu dari remaja ke dewasa dan dari seorang senior di sekolah menengah atas menjadi junior sebagai mahasiswa baru. Kondisi seperti ini mengharuskan mahasiswa baru dapat menyesuaikan dirinya pada lingkungan baru. Sehingga terkadang stress yang mereka miliki meningkat dan mempengaruhi kepercayaan dirinya. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Data dikumpulkan menggunakan instrument angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi sederhana. Analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut (1) Terdapat 26 mahasiswa dengan self-efficacy kategori sangat tinggi, pada kategori tinggi sebanyak 35 mahasiswa, pada kategori rendah sebanyak 25 mahasiswa, dan pada kategori sangat rendah sebanyak 14 mahasiswa. (2) Tingkat stres mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang pada kategori sangat tinggi sebanyak 21 mahasiswa, pada kategori tinggi sebanyak 24 mahasiswa, pada kategori rendah sebanyak 22 mahasiswa, dan pada kategori sangat rendah sebanyak 33 mahasiswa. (3) Terdapat hubungan antara self-efficacy dengan tingkat stres mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Hubungan tersebut dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana yaitu besar konstanta sebesar 42,435 kemudian koefisien regresi self-efficacy sebesar 0,448. Nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, Tingkat Stres, Mahasiswa Baru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:01
Last Modified: 30 Sep 2021 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46970

Actions (login required)

View Item View Item