HUBUNGAN KENYAMAN BERBELANJA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CONVERSO COFFEE AND EATERY


Lolita Praditya, 1511413150 (2020) HUBUNGAN KENYAMAN BERBELANJA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CONVERSO COFFEE AND EATERY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413150 - Lolita Praditya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan dalam membeli tidak teripasahkan dari perbedaan perilaku konsumen, dan kenyamanan merupakan salah satu faktor yang berhubungan dan juga merupakan salah satu aspek kendali lingkungan terkait faktor fisiologis maupun psikologis. Converso Coffee and Eatery merupakan salah satu kafe yang familiar bagi konsumen kopi di Semarang. Selain kualitas produk atau kopi, yang dicari oleh konsumen, kenyamanan ketika membeli produk tersebut di Converso Coffee and Eatery merupakan hal yang dibutuhkan agar produsen atau pemilik kafe tahu dan bisa membuat konsumen datang dan memutuskan untuk membeli. Keputusan Pembelian merupakan hasil dari proses pengambilan keputusan hingga konsumen benar-benar melakukan pembelian dengan aspek rasional, emosional, dan behavioral. Kenyamanan Berbelanja merupakan derajat perasaan menikmati dalam membeli produk yang hemat waktu, tenaga, dan usaha dengan aspek kenyamanan fasilitas, kenyamanan pelayanan, kenyamanan membeli, kelapangan atmosfer, dan harga yang bersaing. Penelitian ini berrujuan untuk mengetahui hubungan kenyamanan berbelanja dan keputusan pembelian konsumen Conveerso Coffee and Eatery Semarang. Peneliitan ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel berjumlah 156 konsumen Converso Coffee and Eatery dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen skala Likert, yaitu skala keputusan pembelian dan skala kenyamanan berbelanja. Dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik, korelasi Rank Spearman untuk menganalisis hubungan kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kenyamanan berbelanja dan keputusan pembelian konsumen Converso Coffee and Eatery Semarang. Hipotesis penelitian ditolak karena diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,55 dengan signifikansi 0,497 yamg lebih besar dari 0,05 dengan tingkat kenyamanan berbelanja dan keputusan pembelian yang berada pada kategori sedang yang berarti bahwa konsumen Converso Coffee and Eatery dalam menikmati proses pembelian dan proses memutuskan untuk membeli produk hanya pada taraf sedang. Sementara itu kenyamanan berbelanja dan keputusan pembelian ditinjau dari usia, jenis pekerjaan, dan jenis kelamin pada kategori sedang dan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, yang artinya bahwa perbedaan-perbedaan tersebut tidak memengaruhi tingka kenyamanan berbelanja dan keputusan pembelian konsumen Converso Coffee and Eatery.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kenyamanan berbelanja, keputusan pembelian, Converso Coffee and Eatery
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:25
Last Modified: 30 Sep 2021 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46964

Actions (login required)

View Item View Item