OPENNESS TO EXPERIENCE DALAM KEPRIBADIAN BIG FIVE PADA GURU DENGAN STATUS PEGAWAI NEGERI SIPIL


Julius Reno Saputra, 1511413144 (2020) OPENNESS TO EXPERIENCE DALAM KEPRIBADIAN BIG FIVE PADA GURU DENGAN STATUS PEGAWAI NEGERI SIPIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413144 - Julius Reno Saputra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aspek kompetensi pada Guru PNS menjadi fokus penting yang selama ini di ukur dan ditunjukkan memalui hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang hasilnya masih rendah. Kompetensi membutuhkan rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa ingin tahu membutuhkan keterbukaan diri pada guru terhadap perkembangan zaman karena siswa juga berkembang mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Openness to Experience pada guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah guru yang berstatus PNS sebanyak 281 guru. Metode pengumpulan data openness to experience menggunakan skala adaptasi big five inventory. Analisis validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan software pengolah data. Instrumen dinyatakan valid dengan koefisien kurang dari 0,05. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat openness to experience pada guru PNS berada pada kategori tinggi, artinya bahwa guru yang sudah PNS mempunyai keterbukaan yang tinggi untuk menunjang kompetensi mereka dalam mengajar dan mengikuti perkembangan zaman. Tingkat openness to experience guru PNS yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu keprofesian guru, task risk behavior, kepuasan kerja, dan perilaku kerja produktif. Sementara itu tingkat openness to experience pada guru PNS ditinjau dari data demografis yaitu usia, jenis kelamin, masa kerja dan gaji pada kategori tinggi dan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, artinya bahwa perbedaan data demografis usia, jenis kelamin, masa kerja, dan gaji tidak mempengaruhi tingkat openness to experience pada guru yang berstatus PNS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Openness To Experience, Big Five Personality, Guru PNS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:13
Last Modified: 30 Sep 2021 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46963

Actions (login required)

View Item View Item