HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS JOSENAN KOTA MADIUN


Afifah Putri Asghari, 1401416499 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS JOSENAN KOTA MADIUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416499.pdf - afifah putri asghari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan pembangunan nasional karena pendidikan dapat menjadi media untuk membentuk kompetensi seseorang sehingga menjadi manusia yang cerdas dan terampil. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Josenan Kota Madiun, bahwa motivasi berprestasi dan perhatian orang tua dapat mempengaruhi kesiapan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan belajar siswa kelas IV SDN Gugus Josenan Kota Madiun. (2) menguji hubungan antara perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa kelas IV SDN Gugus Josenan Kota Madiun. (3) menguji hubungan antara motivasi berprestasi dan perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 120 siswa kelas IV SDN Gugus Josenan Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kesiapan belajar siswa, kontribusi variabel motivasi berprestasi termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa, kontribusi variabel perhatian orang tua ternasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar siswa, kontribusi variabel motivasi berprestasi dan perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar siswa kelas IV SDN Gugus Josenan. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan orang tua hendaknya memperhatikan perhatian belajar yang sesuai untuk diberikan kepada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan belajar; motivasi belajar; perhatian orang tua.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interest to Learn
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 05:14
Last Modified: 29 Sep 2021 05:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46939

Actions (login required)

View Item View Item