PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI COKROYASAN
Angela Marintha Larasati, 1401416479 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI COKROYASAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi pra penelitian di SDN Cokroyasan Semarang, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu pada media pembelajaran yang kurang inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan media pop up book berbasis nilai karakter, dan bagaimana kelayakan media pop up book berbasis nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan media pop up book berbasis nilai karakter, dan mengkaji kelayakan media pop up book berbasis nilai karakter. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi dengan 5 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cokroyasan Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif pada angket validasi ahli materi dan media serta angket kebutuhan dan tanggapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pop up book berbasis nilai karakter sangat layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 90%, dan komponen penyajian oleh ahli media sebesar 90%. Hasil penilaian media pembelajaran pop up book berbasis nilai karakter dapat dinyatakan sangat layak digunakan untuk pembelajaran IPS materi detik-detik peoklamasi kemerdekaan. Simpulan penelitian ini adalah media pop up book berbasis nilai karakter layak digunakan pada pembelajaran IPS materi detik-detik proklamasi. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa, mempermudah guru dalam menjelaskan pembelajaran terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pop up book; Nilai Karakter, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 04:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 04:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46934 |
Actions (login required)
View Item |