HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KEBUMEN


Lusiati Solichah, 1401416182 (2020) HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KEBUMEN] PDF (HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Disiplin dan kemandirian menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara diketahui bahwa disiplin dan kemandirian siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya disiplin pada diri siswa serta siswa masih belum bisa mandiri dalam menyelesaikan persoalan dalam belajar, selain itu hasil belajar siswa pada muatan IPS masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan yang positif dan signifikan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen, (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen, (3) menguji hubungan yang positif dan signifikan disiplin belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen yang berjumlah 149 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling sejumlah 112 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi disiplin belajar dan kemandirian belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar muatan IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,738 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 54,5%; (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,608 dan termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 36,9%; (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan disiplin dan kemandirian belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,791 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 62,6%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; kemandirian belajar; hasil belajar muatan IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:16
Last Modified: 28 Sep 2021 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46849

Actions (login required)

View Item View Item