KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG
Cahya Sania Rosyada, 1401416393 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Kota Semarang masih terdapat permasalahan dalam pelaksanaanya yaitu, guru kurang optimal dalam menerapkan model pembelajaran karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru sehingga belum mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sesuai latar belakang dapat ditemukan rumusan masalahnya yaitu, “ Bagaimanakah keefektifan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Kota Semarang dibandingkan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan quasi exprimental design dengan design nonequivental control group design. Sampel penelitian ini siswa kelas IV B SDN Petompon 01sebagai eksperimen dan kelas IV A SDN Petompon 01 sebagai kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas dan analisis data uji t-test dan n-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian pada uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,087>2,002) yang artinya model Pembelajaran POE berbantuan media konkret lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang didukung hasil uji n-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen berada pada kriteria sedang sebesar 0,46, sedangkan kelas kontrol berada pada kriteria rendah sebesar 0,29. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan media konkret efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Kota Semarang dibandingkan model Direct Instruction (DI).Saran yang dapat diberikan kepada guru, sebelum memulai pembelajaran yaitu dengan persiapan dan perencanaan yang berkualitas dengan memperhatikan bahan-bahan untuk pembelajaran serta media pembelajaran yang akan dipakai Sehingga pembelajaran terjadi secara efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Model pembelajaran POE, Hasil belajar IPA, Media konkret |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46825 |
Actions (login required)
View Item |