PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Zulfa Salsabila, 1401416066 (2020) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL] PDF (PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang setelah mengalami proses belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor eksternal yaitu faktor pengelolaan kelas dan faktor motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 270 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, dengan perolehan jumlah sampel sebanyak 162 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, analisis determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung > tabel dari hasil uji regresi sederhana, besarnya yaitu 9,352 > 1,975, dan persentase sumbangan pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika sebesar 35,3%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung > tabel dari hasil uji regresi sederhana, besarnya yaitu 9,886 > 1,975, dan persentase sumbangan pengaruh motivasi kerja guru terhadap hasil belajar matematika sebesar 37,9%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dari hasil uji F, dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel 70,391 > 3,053), dan Persentase sumbangan pengaruh pengelolaan kelas dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 47% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran peneliti, guru hendaknya lebih meningkatkan dan lebih memerhatikan lagi pengelolaan kelas agar pembelajaran tidak menjadi membosankan dan guru juga hendaknya meningkatkan lagi motivasi diri agar memberikan suasana positif dan membuat siswa menjadi bersemangat untuk mengikuti proses belajar, sehingga hasil belajar siswa yang diperoleh baik, serta untuk peneliti lanjutan dapat meneliti faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pengelolaan Kelas, Motivasi Kerja Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:32
Last Modified: 27 Sep 2021 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46823

Actions (login required)

View Item View Item