PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-XI IPS DI SMA NEGERI 2 UNGARAN
Iqbalina Zahro, 7101413380 (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-XI IPS DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-XI IPS DI SMA NEGERI 2 UNGARAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-XI SMA Negeri 2 Ungaran. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan populisasi siswakelas X-XI IPS SMA Negeri 2 Ungaran yang berjumlah 136 Siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 100 sampel. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini dokumentasi dan angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1 = 58,919 + 0,514 X1 + 0,188 X2 + 0,088 X3 .Berdasarkan hasil koefisien determinan variabel motivasi belajar (X1) berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar sebesar 51,4 %, Untuk variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 18,8 %, untuk variabel lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 8,8%.%. Besarnya pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa ips kelas x-xi SMA Negeri 2 ungaran secara bersama-sama sebesar 65,8 % dan sisanya 34,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru di harapkan dapat meningkatkan pendampingan proses belajar mengajar di sekolah, orang tua turut serta memberikan dukungan kepada anaknya, bagi siswa sebagai tolak ukur hasil prestasi dalam belajar mata pelajaran ekonomi, Bagi Peneliti dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman hasil penelitian
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | khrisna pci perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 06:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 06:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46811 |
Actions (login required)
View Item |