PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Yoppy Sunaryanti, 1301413128 (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018] PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sikap siswa jaman sekarang yang kurang respek dengan tugas yang ada di sekolah. Padahal pendidikan penting untuk kemajuan sebuah negara, negara bisa maju di lihat dari faktor ekonomi dan sumber daya manusia nya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar, pengaruh pelaksanaan tata tertib di sekolah terhadap disiplin belajar, serta pengaruh motivasi belajar dan pelaksanaan tata tertib di sekolah terhadap disiplin belajar.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto, dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMA Negeri se-Kota Semarang berjumlah 18.000 siswa dengan sampel 342 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling. Alat pengumpul data menggunakan koesioner motivasi belajar, koesioner pelaksanaan tata tertib di sekolah, dan koesioner disiplin belajar. Koefisien validitas masing-masing skala tersebut yaitu 0,198-0,665; 0,197-0,683; dan 0,204-0,600, dengan nilai Cronbach Alpha yaitu 0,733; 0,736; dan 0,733. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis linier berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan disiplin belajar (R = 0,476; p < 0,05; t(-9,657) < -1,967; R2 = 0,227) persamaan regresi: Y=230,714-0,470X1; (2) terdapat pengaruh antara pelaksanaan tata tertib di sekolah terhadap disiplin belajar (R=0,369; t(-7,074) < -1,967; p < 0,005; R2 = 0,136) dengan persamaan regresi: Y=288,208-0,812X2; (3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan pelaksanaan tata tertib di sekolah terhadap disiplin belajar (R = 0,513; p < 0,005; F(56,704) > 3,024; R2 = 0,263) dengan persamaan regresi: Y=303,479-0,462X1-0,385X2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa dan pelaksanaan tata tertib di sekolah maka akan semakin tinggi disiplin belajar siswa yang dilakukan. Oleh karena itu, disarankan kepada Guru BK untuk lebih memperhatikan perkembangan siswa-siswanya di sekolah dan dapat memberikan layanan informasi mengenai disiplin belajar dan layanan penguasaan konten mengenai cara memotivasi diri serta bagaimana peranan STP2K dalam menegakkan tata tertib di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar , tata tertib sekolah, disiplin belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:51
Last Modified: 27 Sep 2021 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46794

Actions (login required)

View Item View Item