PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SD NEGERI DI-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020


Abdul Rohman, 6102413086 (2020) PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SD NEGERI DI-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SD NEGERI DI-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020] PDF (PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SD NEGERI DI-KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Welahan memliki UKS yang belum berjalan dengan secara maksimal. UKS sangatlah penting dan harus dijalankan dengan baik ditiap sekolah-sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana Mekanisme Organisasi UKS dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Welahan?; (2)Bagaimana pelaksanaan UKS di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Welahan?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelakanaan UKS di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Welahan. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Welahan. Subyek sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah, Pengurus UKS dan Siswa. Sedangkan obyek sasaran penelitian ini Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, pelacakan dokumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa: 1) pengorganisasian di 15 Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Welahan mendapatkan hasil kriteria sangat kurang dengan niali 1 dari 7 point. Hal ini disebabkan karena pembentukan komponen/struktur organisasi UKS tidak sesuai dengan pedoman pembentukan struktur organisasi, tidak adanya progam kerja secara tertulis, dan tidak adanya pelaksanaan pelaporan kegiatan. Hal ini terjadi kemungkinan kesibukan kepala sekolah / guru sehingga kurang terjalinnya hubungan antara instansi seperti puskesmas, desa dan personalia sekolah. 2) Pelaksanaan trias UKS dibagi menjadi tiga, Pendidikan Kesehatan mendapatkan kriteria sedang dengan nilai 3,6 dari 7 point. Pelayanan Kesehatan mendapatkan kriteria sedang dengan nilai 4,06 dari 7 point. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat mendapatkan hasil dengan kriteria sedang dengan nilai 4,6 dari 7 point. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya pemberian materi tentang penegtahuan narkotika, pemantauan pertumbuhan siswa, penyuluhan mata, kulit dan gigi, kegiatan outbond, dan ketersediaan kantin di lingkungan sekolah. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Welahan masih memiliki kendala, hal itu terbukti karena pelaksanaan Mekanisme Organisasi UKS di sekolah masih mendapatkan hasil sangat kurang. Sedangkan untuk pelaksanaan trias UKS mendapatkan hasil kriteria rata – rata sendang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: UKS, sekolah
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:29
Last Modified: 23 Sep 2021 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46757

Actions (login required)

View Item View Item