PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN POSITIVE SELF TALK TERHADAP ANXIETY ATLET JUNIOR TAEKWONDO KAB GROBOGAN SEBELUM BERTANDING


Muh Taufiq, 6211415048 (2020) PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN POSITIVE SELF TALK TERHADAP ANXIETY ATLET JUNIOR TAEKWONDO KAB GROBOGAN SEBELUM BERTANDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN POSITIVE SELF TALK TERHADAP ANXIETY ATLET JUNIOR TAEKWONDO KAB GROBOGAN SEBELUM BERTANDING] PDF (PENGARUH LATIHAN IMAGERY DAN POSITIVE SELF TALK TERHADAP ANXIETY ATLET JUNIOR TAEKWONDO KAB GROBOGAN SEBELUM BERTANDING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anxiety (kecemasan) sebelum bertanding merupakan perasaan yang muncul dalam diri atlet yang bersifat negatif ditandai dengan jantung berdetak cepat, keluar keringat dingin, mulut terasa kering yang akhirnya mengganggu mereka pada pertandingan dan juga mengakibatkan hilangnya konsentrasi dalam pertandingan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap atlet junior Taekwondo di Kab. Grobogan, terdapat permasalahan mental yaitu kecemasan yang dihadapi altet ketika akan menghadapai pertandingan. Terdapat berbagai macam latihan mental untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya adalah latihan imagery dan positive self talk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan imagery dan positive self talk terhadap tingkat anxiety atlet Taekwondo junior kab Grobogan sebelum bertanding. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen yaitu dengan mengambil data pretest kemudian memberikan perlakuan setelah itu diambil data posttest. Subjek penelitan ini adalah atlet junior taekwondo Kabupaten Grobogan dengan populasi sebanyak 40 atlet. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta untuk uji hipotesis menggunakan uji T-tes dan uji anova. Hasil penelitan uji paired t-Tes menyatakan data signifikasi yang didapatkan dari treatment imagery adalah 0,000 atau Sig. < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan treatment imagery terhadap tingkat anxiety atlet, sedangkan data signifikasi yang didapat dari treatment positive self talk adalah 0,001 atau sig.<0,05 maka terdapat pengaruh signifikan treatment positive self talk terhadap tingkat anxiety. Hasil uji anova didapatkan nilai 0,245 > 0,005 yang berarti tidak ada perbedaan rata-rata latihan imagery dan positive self talk terhadap tingkat anaxiety Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan latihan imagery dan positive self talk terhadap penurunan tingkat anxiety sebelum bertanding. Tidak ada perbedaan signifikan latihan imagery dan positive self talk terhadap penurunan Tingkat Aniety sebelum bertanding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Imagery, Positive Self Talk, Anxiety, Taekwondo, Atlet
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Danang Prasetya perpustakaan
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:18
Last Modified: 22 Sep 2021 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46720

Actions (login required)

View Item View Item