KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA PAPAN SELIP TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD DI GUGUS WOLTER MONGINSIDI


Viki Azimatul Khusna, 1401416199 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA PAPAN SELIP TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD DI GUGUS WOLTER MONGINSIDI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA PAPAN SELIP TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD DI GUGUS WOLTER MONGINSIDI] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA PAPAN SELIP TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD DI GUGUS WOLTER MONGINSIDI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan kegiatan prapenelitian yang dilakukan di SD pada Gugus Wolter Monginsidi diperoleh permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata. Penguasaan kosakata siswa yang masih rendah terlihat juga pada nilai pembelajaran bahasa Indonesia materi kosakata yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebanyak 59% siswa belum tuntas dan sisanya sebanyak 41% siswa sudah melampaui KKM. Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami kesulitan menguasai kosakata yaitu karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurang efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata dan aktivitas siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CIRC berbantuan media papan selip efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran CIRC berbantuan media papan selip terhadap penguasaan kosakata siswa kelas III SD. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD di Gugus Wolter Monginsidi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas III SDN 03 Sarirejo sebagai kelas kontrol dan siswa kelas III SDN 02 Mororejo sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan ratarata dan uji gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,569>1,9967) dengan taraf signifikansi= 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,3903 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,2533 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 82,50% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 76,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model CIRC berbantuan media papan selip efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan aktivitas siswa kelas III SD di Gugus Wolter Monginsidi. Saran peneliti adalah hendaknya guru memilih model yang sesuai dengan materi pembelajaran dan dapat memberikan motivasi siswa untuk aktif di kelas sehingga memperoleh hasil yang optimal. Kata kunci: CIRC, kosakata, papan selip

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: CIRC, kosakata, papan selip
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:40
Last Modified: 22 Sep 2021 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46693

Actions (login required)

View Item View Item