HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN GUGUS TERATAI KABUPATEN PEKALONGAN


Milatina Dina Qoyimah, 1401416233 (2021) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN GUGUS TERATAI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN GUGUS TERATAI KABUPATEN PEKALONGAN] PDF (HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN GUGUS TERATAI KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga merupakan unit yang anggotanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah dan ibu memiliki tanggung jawab untuk membesarkan siswa, memberikan mereka kasih sayang, serta mendidiknya. Agar siswa tumbuh menjadi pribadi yang dapat dibanggakan, orangtua harus memiliki peranan yang dapat dijadikan pedoman bagi siswa dalam berperilaku, bertindak, dan berpikir. Keluarga merupakan lingkungan sekaligus sarana pendidikan nonformal yang paling dekat dengan siswa dan kontribusinya terhadap keberhasilan pendidikan siswa cukup besar. Faktor keluarga juga akan berpengaruh pada karakter siswa. Karakter merupakan hal yang harus dibentuk oleh setiap manusia. Karakter yang baik mencerminkan kualitas diri seorang manusia. Pendidikan karaker harus diberikan kepada seorang siswa sejak dini. Di sekolah, pendidikan karakter akan dibentuk melalui mata pelajaran PPKn. Permasalahan pada kelas V SDN Gugus Teratai Kabupaten Pekalongan didapatkan data bahwa beberapa siswa memiliki karakter dan perhatian orangtuanya yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus Teratai Kabupaten Pekalongan (2) mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara karakter siswa dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus Teratai Kabupaten Pekalongan. (3) mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua dan karakter siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 124 siswa kelas V SDN Gugus Teratai Kabupaten Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar PPKn siswa, kontribusi variabel perhatian orangtua termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara karakter siswa dengan hasil belajar PPKn siswa, kontribusi variabel karakter siswa ternasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua karakter siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa, kontribusi variabel perhatian orangtua dan karakter siswa terhadap hasil belajar PPKn tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaraviii perhatian orangtua dan karakter siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus Teratai. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan keakraban dengan orangtua dan orangtua hendaknya lebih memperhatikan anaknya dan dapat memberi contoh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: perhatian orangtua, karakter siswa, hasil belajar PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:23
Last Modified: 22 Sep 2021 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46691

Actions (login required)

View Item View Item