PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN MENGATASI MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNG BANTENG KABUPATEN TEGAL


Muhamad Iqbal Mahdika Prasetya, 1401415285 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN MENGATASI MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNG BANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN MENGATASI MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNG BANTENG KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN MENGATASI MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNG BANTENG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kecerdasan emosional dan kecerdasan mengatasi masalah siswa. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan mempengaruhi hasil belajar, begitu pula siswa yang memiliki kecerdasan mengatasi masalah yang tinggi, akan memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal 2019/2020; (2) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kecerdasan mengatasi masalah siswa terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal 2019/2020; (3) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan mengatasi masalah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri se Gugus Sultan Agung kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal yang berjumlah 175 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 122 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama sama (uji F). Hasil uji hipotesis pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 7,767 > 1.979, berarti Ho1 ditolak. Hasil uji hipotesis kecerdasan mengatasi masalah terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (10,201> 1,979), yang artinya H02 ditolak. Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 33,5%. Kecerdasan mengatasi masalah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 46,4%. Kecerdasan emosional dan kecerdasan mengatasi masalah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 49,9%. Saran dari penulis hendaknya guru lebih peduli terhadap permasalahan masing-masing siswa, serta menjadi teladan yang baik sekaligus menjadi sosok pembetuk karakter siswa di sekolah, dan juga mengasah rasa optimis siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan mengatasi masalah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 16:04
Last Modified: 21 Sep 2021 16:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46657

Actions (login required)

View Item View Item