PENGARUH KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DI WILAYAH DABIN II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES
Akhmad Khaerul Anam, 1401415196 (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DI WILAYAH DABIN II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DI WILAYAH DABIN II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kedisiplinan belajar dan gaya belajar siswa. Siswa dengan kedisiplinan belajar yang tinggi, siswa akan selalu sadar dalam melaksanakan ketentuan dan peraturan dalam kegiatan belajar, sehingga tercapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Gaya belajar menjadi pembeda antara individu satu dengan individu yang lain. Siswa yang mengefektifkan gaya belajarnya akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Wilayah Dabin II Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN di Wilayah Dabin II Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi sebanyak 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 87 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar matematika, kedisiplinan belajar, dan gaya belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk menemukan masalah, dokumentasi untuk hasil belajar matematika, dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk kedisiplinan belajar dan gaya belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penghitungan statistik, menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel(2,117> 1,987) dengan pengaruh sebesar 30,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel(7,571> 1,987) dengan pengaruh sebesar 40,3%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan dengan perolehan Fhitung>Ftabelyaitu (32,075>3,105) dengan pengaruh sebesar 43,3%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci:Gaya Belajar,Hasil Belajar, Kedisiplinan belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 15:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 15:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46653 |
Actions (login required)
View Item |