ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM CERAMAH HABIB UMAR AL-MUTHOHHAR


Arju Taufiq Irrohman, 2111416006 (2020) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM CERAMAH HABIB UMAR AL-MUTHOHHAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM CERAMAH HABIB UMAR AL-MUTHOHHAR] PDF (ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM CERAMAH HABIB UMAR AL-MUTHOHHAR)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ceramah merupakan salah satu cara untuk penyampaian gagasan atau pesan kepada orang lain. Dalam berceramah tentunya tidak hanya memakai satu bahasa saja. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor sosial dan budaya. Pada ceramah agama yang dilakukan Habib Umar Al-Muthohhar, sering ditemukan bahwa dalam berceramah menggunakan alih kode dan campur kode antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa atau sebaliknya dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Kemudian, ada beberapa campur kode yang dilakukan Habib Umar dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis alih kode yang digunakan dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar, (2) mendeskripsikan jenis campur kode yang digunakan dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar, (3) menggambarkan faktor penyebab terjadinya alih kode dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar, (4) menggambarkan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis yaitu sosiolinguistik. Data dalam penelitian ini adalah ujaran yang dituturkan oleh Habib Umar Al-Muthohhar dalam berceramah yang diduga mengandung fenomena bahasa alih kode dan campur kode. Sumber data dalam penelitian ini adalah ceramah agama Habib Umar Al-Muthohhar tanggal 11 Juni 2018 di Kabupaten Kudus, bertema Keistimewaan Malam Lailatul Qodar, di Cikarang Bekasi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada bulan September 2019, dan Akhlak Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di Kota Pekalogan pada 1 Desember 2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas cakap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa jenis alih kode dan campur kode yang digunakan Habib Umar dalam berceramah. Jenis alih kode yang ditemukan yaitu internal, eksternal, metafora, situasional, sementara, dan permanen. Jenis campur kode dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar campur kode ke dalam dan ke luar. Bentuk campur kode berupa penyisipan kata, repetisi, frasa, dan klausa. Faktor penyebab terjadinya alih kode dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar berupa faktor penutur, mitra tutur, pokok pembicaraan, dan membangkitkan rasa humor. Faktor penyebab terjadinya campur kode dalam ceramah Habib Umar Al-Muthohhar berupa faktor identifikasi peran, identifikasi ragam, dan keinginan menerangkan atau menjelaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ceramah, alih kode, campur kode
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:08
Last Modified: 21 Sep 2021 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46604

Actions (login required)

View Item View Item