PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMP KELAS VIII SE-KOTA UNGARAN


Merdiani Dwi Alvianingsih, 1301416044 (2020) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMP KELAS VIII SE-KOTA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMP KELAS VIII SE-KOTA UNGARAN] PDF (PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMP KELAS VIII SE-KOTA UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII SMPN di Kota Ungaran dalam pembelajaran jarak jauh ketika masa pandemi COVID-19. Tempat penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah SMP N 2 Ungaran, SMP N 3 Ungaran, dan SMP N 6 Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran disiplin belajar, dukungan orang tua, dan motivasi belajar serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diantara variabel penelitian yang digunakan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 738 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling dan proposional random sampling dan ditemukan 238 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis. Alat pengumpul data menggunakan skala disiplin belajar, skala dukungan orang tua, dan skala motivasi belajar yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis hipotesis yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Dukungan orang tua berpengaruh rendah terhadap disiplin belajar, (2) Motivasi belajar berpengaruh rendah terhadap disiplin belajar, dan (3) Dukungan orang tua dan motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh rendah terhadap disiplin belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan pada guru bimbingan konseling yaitu merencanakan, melakukan layanan dengan tujuan meningkatkan disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : disiplin belajar, dukungan orangtua, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:40
Last Modified: 21 Sep 2021 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46595

Actions (login required)

View Item View Item