PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN PEER ATTACHMENT TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANYUMANIK
Livia Safira, 1301416036 (2021) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN PEER ATTACHMENT TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANYUMANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN PEER ATTACHMENT TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANYUMANIK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Adversity Quotient, Peer Attachment, Stres Akademik Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena tingginya stres akademik siswa namun diiringi dengan tingkat adversity quotient dan peer attachment yang tinggi pula. Hal tersebut menunjukan kesenjangan antara teori dengan fakta. Idealnya, apabila adversity quotient dan kelekatan teman sebaya tinggi maka stres akademik rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) mendapatkan informasi tingkat stres akademik, (2) mendapatkan informasi tingkat adversity quotient, (3) mendapatkan informasi tingkat peer attachment, (4) mendapatkan informasi pengaruh adversity quotient terhadap stres akademik, (5) mendapatkan informasi pengaruh peer attachment terhadap stres akademik, dan (6) mendapatkan informasi pengaruh adversity quotient dan peer attachment terhadap stres akademik pada siswa SMA Negeri se-Banyumanik. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif ex post facto berdesain korelasional. Sampel penelitian sebanyak 304 siswa dari 2.311 jumlah populasi yang ditentukan melalui cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala stres akademik, skala adversity quotient, dan skala peer attachment. Validitas instrumen dianalisis dengan rumus product moment, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan teknik regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan siswa SMA Negeri se-Banyumanik memiliki tingkat stres akademik sedang (M = 2,78), tingkat adversity quotient tinggi (M = 3,39), dan tingkat peer attachment tinggi (M = 3,55). Hasil analisis regresi ganda pengaruh adversity quotient terhadap stres akademik signifikan ((β = -0,825; t = 24,09; p = 0,000), pengaruh peer attachment terhadap stres akademik tidak signifikan ((β = -0,027; t = 0,798; p = 0,425)), dan pengaruh adversity quotient dan peer attachment secara simultan terhadap stres akademik signifikan ((R = 0,837; R2 =0,701 F= 360,377; p = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling baik secara individu atau kelompok untuk lebih menurunkan tingkat stres siswa serta layanan untuk mempertahankan tingkat adversity quotient dan peer attachment
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Adversity Quotient, Peer Attachment, Stres Akademik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 00:27 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 00:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46592 |
Actions (login required)
View Item |